Chittorgarh Benteng Terbesar dan Termegah di Rajasthan India


Benteng Chittorgarh adalah benteng terbesar dan termegah di negara bagian Rajasthan India. Chittorgarh berdiri anggun setinggi 180 meter diatas bukit menyebar seluas 691,9 hektar. Benteng ini dibagun pada abad ke 7 Masehi oleh Raja Iwan Fals Rawan sebagai mas kawin untuk Putri Solanki.

Benteng Chittorgarh terletak di bagian barat India di tepi kiri Sungai Berach yang merupakan anak sungai dari Sungai Banas. Bangunan benteng terhubung dengan kota baru Chittorgarh yang dikenal sebagai kota bawah.


Benteng ini berbeda dengan benteng-benteng lainnya. Chittorgarh lebih menyerupai sebuah pusat kota. Didalamnya terdapat rumah-rumah bangsawan dan pejabat kerajaan, kuil-kuil tempat pemujaan, istana-istana yang indah serta pasar. Terdapat sebuah jalan yang berliku-liku yang panjangnya sekitar 1 kilometer dari Kota Baru mengarah ke ujung barat gerbang utama. Di dalam benteng terdapat jalan melingkar yang terhubung ke semua gerbang utama. Jalan melingkar juga menyediakan akses menuju berbagai monumen berupa istana dan 130 kuil di dalam benteng

Sebelumnya di dalam benteng terdapat sekitar 84 tempat penampungan air berupa kolam dan sumur, namun saat ini tinggal 22 saja yang masih berfungsi. Sumber airnya berasal dari hujan dan mata air disekitar benteng. Jumlah air yang mampu ditampung sekitar 4 miliar liter air yang bisa memenuhi kebutuhan 50.000 pasukan.


Pintu gerbang benteng berbentuk lengkungan yang dirancang sangat kuat supaya mampu menahan serangan gajah dan tembakan meriam. Bagian atas pintu gerbang juga dirancang sangat bagus untuk memudahkan pemanah menghancurkan tentara musuh. Berbagai bangunan yang terdapat di dalam benteng menggambarkan bagaimana kemajuan arsitektur pada masa itu.




1 Response to "Chittorgarh Benteng Terbesar dan Termegah di Rajasthan India"

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete